Register

Surau Atok Ijok

Terletak di Korong Pauh, Nagari Sicincin, Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung.  Surau ini sangat mudah diakses, baik dengan kendaraan roda dua maupun lebih. Hal ini karena Masjid ini terletak di pinggir jalan kampung beraspal dalam kondisi baik dan berada hanya sekitar 400 m dari Jalan Raya Padang-Bukitinggi dan Pasar Sicincin. Letak astronomis 0°34'9.15” LS dan 100°16'23.94” BT.

Surau ini didirikan oleh masyarakat setempat sekitar tahun 1700-an.  Secara morfologis, surau ini mempunyai bentuk yang sama dengan surau-surau lainnya di Minangkabau (Sumatera Barat). Hal ini ditandai dengan bangunan/ruang utama yang berdenah bujur sangkar (persegi panjang), atapnya berbentuk tumpang (tingkat), dan lantai yang ditinggikan (panggung).

Selengkapnya: Surau Atok Ijok

Surau Bintungan Tinggi

Terletak di Korong Kampung Tangah Nagari Padang Bintungan Kecamatan Nan Sabaris. Surau ini sangat mudah diakses, baik dengan kendaraan roda dua maupun lebih, karena terletak di pinggir jalan kampung beraspal dalam kondisi baik. Letak astronomis 0°39'35.55” LS dan 100°12'16.00” BT
Surau ini didirikan oleh Syekh Abdurrahman (Syekh Bintungan Tinggi) pada tahun 1864.
Secara morfologis, surau ini mempunyai bentuk yang sama dengan surau-surau lainnya di Minangkabau (Sumatera Barat). Hal ini ditandai dengan

Selengkapnya: Surau Bintungan Tinggi

Surau Syech Burhanuddin

Beralamat di Korong Tanjung Medan, Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih.
Surau ini sangat mudah diakses, baik dengan kendaraan roda dua maupun lebih, karena terletak di pinggir kampung beraspal. 0°40'53.27” LS dan 100°12'15.78” BT.
Surau ini didirikan oleh Syekh Burhanuddin sekitar tahun 1071 H atau 1650 M. Secara morfologis, surau ini mempunyai bentuk yang sama dengan surau-surau lainnya di Minangkabau (Sumatera Barat). Hal ini ditandai dengan bangunan/ruang utama yang berdenah bujur sangkar (persegi panjang), atapnya berbentuk tumpang (tingkat), dan lantai yang ditinggikan (panggung). 

Selengkapnya: Surau Syech Burhanuddin

Masjid Ampek Lingkuang

Masjid ini terletak di Korong Balah Hilia, Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman. Masjid ini sangat mudah diakses, baik dengan kendaraan roda dua maupun lebih. Hal ini karena masjid terletak di pinggir kampung beraspal dalam kondisi baik dan berada tidak jauh (± 1 km) dari Jalan Raya Padang-Bukitinggi. Masjid ini didirikan oleh sekitar tahun 1850 (pertengahan abad ke-19 M). Masjid ini merupakan masjid tertua di daerah Lubuk Alung dan tertua No. 2 di daerah Padangpariaman. Masjid ini disebut sebagai Masjid Ampek Lingkung karena dibangun oleh empat suku (kaum) dari Balah Hilia, Singguliang, Sungai Abang, dan Koto Buruak.

Selengkapnya: Masjid Ampek Lingkuang

Jajak Pendapat

Bagaimana Mnurut Anda Pelayanan Publik di Padang Pariaman