Register

Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat yang berperan meningkatkan kualitas hidup yang dapat berarti peningkatan kesejahteraan. Pentingnya pendidikan tercermin dalam UUD 1945 dimana dinyatakan bahwa pendidikan merupakan hak setiap warga negara yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

 
Mengingat pendidikan sangat berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka pembangunan di bidang pendidikan meliputi pembangunan pendidikan secara formal maupun non formal. Pemerintah sangat memperhatikan pembangunan di bidang pendidikan ini. Berbagai dana baik melalui APBN maupun dana lain seperti dana kompensasi kenaikan BBM cukup banyak ditujukan untuk pembangunan bidang pendidikan.

1.     Angka Rata-rata Lama Sekolah  
 
Pada tahun 2015 realisasi angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Padang Pariaman adalah sebesar 6,88 tahun, hal ini tidak mencapai target yang sudah ditetapkan yaitu sebesar 8,4 tahun. Meskipun demikian pengukuran terhadap capaian kinerja untuk indikator ini menunjukkan bahwa capaian kinerjanya Berhasil, karena mencapai 81,90 % dari target yang telah dirumuskan.
 
Sedangkan angka melek huruf berdasarkan data dari BPS menurut Kabupaten/Kota di Sumatera Barat Tahun 2014 disajikan sebagai berikut:   Rata-rata lama sekolah adalah rata-rata jumlah tahun yang dihabiskan oleh penduduk berusia 15 tahun ke atas untuk menempuh semua jenis pendidikan formal yang pernah dijalani. Indikator Rata-rata lama sekolah ini dihitung dari variabel pendidikan tertinggi yang ditamatkan dan tingkat pendidikan yang sedang dijalankan. Standar UNDP (Badan Program Pembangunan PBB) adalah minimal 0 tahun dan maksimal 15 tahun. Perhitungan lama sekolah dilakukan tanpa memperhatikan apakah seseorang menamatkan sekolah lebih cepat atau lebih lama dari waktu yang telah ditentukan.
 
Angka Rata-rata Lama Sekolah akan menjadi salah satu komponen pembentuk indikator Indeks Pembangunan Manusia yaitu  pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia
 
 
  
2. Angka Melek Huruf  
Angka melek huruf adalah persentase penduduk usia 15 tahun keatas yang dapat membaca dan menulis huruf latin dan atau huruf lainnya. Target penuntasan buta aksara merupakan bagian dari fokus pembangunan untuk peningkatan human capital, mengingat peran sentral pendidikan baik sebagai bagian dari pemenuhan hak warga negara, maupun karena daya ungkit pendidikan terhadap tujuan pembangunan yang lain seperti pembangunan dan pemerataan ekonomi dan sosial.
 
Realisasi kinerja tahun 2015 menunjukkan bahwa angka melek huruf tidak mencapai target yang ditetapkan, dengan pencapaian 90.39% dari target 99%. Meskipun pada tahun 2015 ini realisasinya tidak mencapai target akan tetapi capaiannya menunjukkan hasil yang sangat berhasil yaitu sebesar 91.30%.       Meskipun pada tahun 2015 indikator angka melek huruf di Padang Pariaman mengalami penurunan, akan tetapi menurut data grafik diatas angka melek huruf Kabupaten Padang Pariaman bila dibandingkan dengan Provinsi Sumatera Barat hingga tahun 2014 trend setiap tahunnya menngalami peningkatan
 
 
Dalam rangka untuk meningkatkan sasaran diatas, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Pendidikan telah melakukan berbagai upaya selama rentang waktu 2011 s/d 2015. Upaya tersebut direalisasikan dalam berbagai program dan kegiatan. Adapun program yang dilaksanakan adalah:
a. Program Wajib Belajar Dasar Sembilan Tahun
b. Program Pendidikan Menengah
c. Program Pendidikan Non Formal
d. Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidik
e. Program Manajemen Pelayanan Pendidikan
 
Sumber Padang Pariaman Dalam Angka 2015

Meja Bupati Ekspose

LKPJ Pemerintah Daerah 2015
18 Feb 2016 10:26 - ali

Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) merupakan amanah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tent [ ... ]